Minggu, 26 Januari 2014

Etiolasi

Mungkin anda akan sering mendengar kata ini ETIOLASI

Apa sih Etiolasi itu ?
Etiolasi atau yang sering kita bahasakan dengan istilah Kutilang :  kurus tinggi langsing.
Dimana pertumbuhannya tidak seimbang, yaitu Batang memanjang, dan sulit menghasilkan daun.

Etiolasi itu terjadi karena hormon auksin yang dengan cepat bekerja atau tumbuh didalam gelap tanpa terkena sinar matahari...akibatnya pertumbuhannya hanya batang memanjang tidak bisa menghasilkan daun. Kalau dibiarkan maka akan lemas dan cepat mati.
Inilah awal kesalahan yang biasa dibuat oleh para pemula saat menyemai, terutama musim hujan ini. Kalau gak ada matahari, saya memberi lampu diatasnya, dg menggunakan lampu khusus growing light. 



Jadi untuk menghindari terjadinya Etiolasi, dalam postingan Cara menyemai telah saya sebutkan, saat benih mulai sprout atau pecah, segera buka tutupnya dan segera kenalkan dengna cahaya.Jangan tunggu benih menjadi kecambah seperti  foto dibawah ini.
Jika sudah seperti ini, sebaiknya dibuang saja, dana semai lagi menggunakan rockwool bekasnya.
jika sudah membentuk daun seperti foto dibawah ini, saya menyiasatinya dengan ditanam menggunakan media tanam berupa sekam bakar dan cocopeat dg perbandingan 1 :1
ditanam sampai ujung batang..




ditanam dg medai seperti ini
maka nanti hasilnya bagus kembali spt foto dibawah ini




kalau etiolasi tetap dipertahankan, maka pertumbuhannya tidak seperti yang kita harapkan dan sangat lambat.
berikut foto yang tidak etiolasi
nanti hasilnya spt ini


jadi jangan lupa, saat benih pecah, buka tutupnya dan langsung kenalkan matahari ya...

semoga berhasilll






14 komentar:

  1. Pengalaman saya Mbak hehehehe sekarang dah tak coba lagi tapi untuk kankung kemarin berhasil :) Thank infonya

    BalasHapus
  2. waduh ini kejadian dengan saya. kalau sudah dipindah kemedia campuran sekam bakar dan cocopeat, pemberian nutrisinya bagaimana ya? biasa kan sistem wick di celup saja.
    Mohon bimbingannya untuk pemula

    BalasHapus
  3. Trimakasih, ini persis dgn yg sy alami. Skrg sy akan mencoba kembali... salam.

    BalasHapus
  4. Trimakasih, ini persis dgn yg sy alami. Skrg sy akan mencoba kembali... salam.

    BalasHapus
  5. Trimakasih, ini persis dgn yg sy alami. Skrg sy akan mencoba kembali... salam.

    BalasHapus
  6. Trimakasih, ini persis dgn yg sy alami. Skrg sy akan mencoba kembali... salam.

    BalasHapus
  7. kasus saya juga, jadi setelah tau kalau tanaman nya kena etiolasi itu harus segera dipindahkan ke media sekam ya gan? mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  8. sama bibit packcoy saya juga terjadi etiolasi.trims atas infonya gan sangat membantu bagi saya yang masih pemula dalam dunia hidroponik

    BalasHapus
  9. Bisa di coba nih untuk tanaman sy yg etiolasi ..trims ilmu nya min :)

    BalasHapus
  10. di bawah kalimat,,

    maka nanti hasilnya bagus kembali spt foto dibawah ini

    Kalau boleh tau, ane penasaran itu pot nya beli di mana kah? waktu beli harga nya berapa ya?

    BalasHapus
  11. pantas aja udah satu bulan sawi saya masih kecil sekali :(, thanks gan :D

    BalasHapus
  12. Saya ngalami hasilnya kurus2 n susah tumbuh, nnti sy coba dg media sekam bakar mudah2an berhasil .....

    BalasHapus